Selasa, 04 Mei 2010

Hack Facebook: Menghindari Login Phishing

Hack Login Facebook – Salah satu metode yang sering digunakan hacker untuk membobol akun facebook seseorang adalah dengan menggunakan Login Phishing. Modusnya adalah dengan membuat halaman Login palsu, halaman ini dibuat sama persis dengan halaman Login facebook aslinya. Sehingga banyak pengguna facebook yang terkecoh. Dan jika mereka memasukkan username dan password mereka, otomatis akan disimpan oleh halaman Login palsu tersebut dan hacker pun mendapatkan data Login anda.

Biasanya, Login phishing ditandai dengan gagalnya Login pada akun facebook Anda, padahal Anda sudah memasukkan data login yang benar. Artinya, Anda diminta memasukan data login lagi (login 2 kali) baru berhasil. Ini karena pada login pertama, Anda melakukan login pada halaman login palsu, setelah memasukkan email, password dan menekan tombol login, data tesebut akan disimpan halaman palsu tersebut lalu Anda diarahkan ke halaman login aslinya (halaman login facebook sebenarnya). Dengan cara ini, korban tidak akan merasa curiga harus login 2 kali, karena ia merasa memang melakukan kesalahan mengetik alamat email dan password pada login yang pertama.

Tips pertama, jika Anda mengalami kejadian seperti diilustrasikan diatas, saat masuk kea kun facebook, gantilah password akun Anda segera. Ini bertujuan agar data login yang diambil hacker melalui halaman palsunya tidak berlaku lagi, karena sudah kita ubah.

Triik Login phishing ini semakin meluas, penyebarannya URL halaman login palsu ini kemungkinan besar menyebar melalui email. Yang perlu dicatat, walau pun tampilan halaman login palsu sama persis seperti aslinya, namun URLnya berbeda. Jika kita biasa login pada halaman facebook yang mempunyai URL http://www.facebook.com, maka halaman login phishing ini mempunyai URL yang berbeda, misalnya http://www.faceboooook.com. Tentu saja para hacker sebisa mungkin membuat URLnya mirip dengan aslinya, sehingga bagi mereka yang tidak cermat akan terkecoh.

Tips kedua, cara teraman menghindari Login Phishing adalah dengan selalu melihat URL halaman Login Facebook, pastikan URLnya http://www.facebook.com.

Namun login phishing hanyalah salah satu cara yang digunakan hacker untuk membobol akun facebook kita, ada banyak trik lainnya. Tapi yang perlu dicatat, sebagian besar bermoduskan halaman login atau cara-cara lain yang garis besarnya menyuruh Anda untuk memasukkan email/username dan password facebook Anda.

Berikut ini tips tambahan dari Kaspersky Labs untuk menghindari hacking facebook saat login (termasuk Login phishing)

• Untuk situs sosial seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar
• Jangan mengklik link pada pesan email.
• Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
• Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
• Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate antivirus.
• Kenali tanda giveaway yang ada dalam email phising:
• Menginstall patch keamanan.
• Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
• Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.
• Back up data anda

Berhati-hatilah saat Anda login facebook. Anda bisa mencari referensi lainnya mengenai hacking facebook melalui Google atau Search Engine lainnya. Internet bukanlah tempat yang aman, hacker, cracker, dan orang-orang jahat lainnya bebas berkeliaran tanpa terdeteksi, jadi tetaplah waspada..

Semoga bermanfaat…
Comment please..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar